Jenis Sayuran yang Cocok Ditanam Di Lahan Sempit

menanam-kangkung

Bagi sebagian orang berkebun sayuran sangat menyenangkan. Berkebun sayuran di waktu senggang jauh lebih baik dibandingkan dengan berdiam diri di rumah tidak melakukan apa-apa atau sekedar ngerumpi bersama tetangga. Selain itu, dengan berkebun Anda memiliki persediaan sayur-sayuran setiap saat. Ketika hendak dimasak, Anda tinggal langsung memetik sayuran tersebut dan memasaknya dalam keadaan segar.

Berkebun sayuran saat ini sudah banyak dilakukan oleh orang-orang yang tinggal di kota. Lahan yang sempit tidak menghalangi mereka untuk berkebun. Sebab, saat ini sudah banyak cara berkebun di halaman rumah dengan luas lahan seadanya.

Dalam melakukan kegiatan berkebun pada lahan sempit seperti di kebun belakang rumah, tentunya ada beberapa aturan yang harus diketahui. Bebeberapa aturan yang biasanya dilakukan oleh tukang kebun tidak bisa kita lakukan di belakang rumah, seperti menyemprot pestisida. Penyemprotan pestisida tentunya akan berbahaya bagi pemilik kebun, binatang peliharaan dan terhadap tetangga. Penyemprotan pestisida akan mengakibatkan keracunan bahkan pada tahap akut akan menyebabkan kematian. Oleh karena itu penyemprotan pestisida harus sebisa mungkin dihindari.

Berkebun sayuran di lahan yang sempit tentunya berbeda dengan berkebun di lahan yang luas. Di lahan luas semua jenis sayuran memungkinkan untuk ditanam. Tetapi di lahan yang sempit hanya ada beberapa jenis tanaman yang cocok untuk ditanam. Perbedaan lainnya dari segi penyemprotan pestisida. Di lahan yang luas, menyemprotkan pestisida pada tanaman merupakan hal yang tepat. Tetapi penyemrpotan tersebut tidak boleh dilakukan di lahan yang sempit seperti halaman rumah karena berbahaya bagi pemilik kebun, tetangga, serta binatang peliharaan.

Berikut ini beberapa jenis sayur-sayuran yang bisa ditanam di lahan yang sempit.

1.Terong

Terong adalah sayuran yang dapat ditanam di lahan sempit. Perlu dingat bahwa terong termasuk salah satu tanaman yang membutuhkan banyak air namun tidak boleh membiarkan akarnya sampai tergenang air.

2.Cabe

Cabe dapat ditanam di lahan yang sempit, bahkan di dalam media pot berukuran minimum 5 liter. Bibit cabe sangat mudah dijumpai. Cukup dengan dengan membeli cabe di pasar atau bisa membeli bibit tanaman tanaman langsung pada toko tani dengan ukuran sedikit lebih banyak dari kebutuhan.

3.Sawi

Sawi juga termasuk tanaman yang dapat ditanam di lahan yang sempit. Cara menanam sawi juga sangat mudah dan penyiramannya cukup dilakukan di pagi dan sore hari dengan penggunaan jumlah yang tidak terlalu banyak.

4.Kangkung

Kangkung juga termasuk tanaman yang mudah ditanam di lahan yang sempit. Cara menanamnya juga sangat mudah, cukup dengan membuang beberapa batang kangkung ke lahan yang hendak ditanami. Jika kangkung yang hendak ditanam adalah jenis kangkung darat, maka yang dibutuhkan adalah tanah yang gembur. Adapun untuk kangkung air maka yang dibutuhkan adalah lahan yang sedikit berair.

Demikianlah artikel seputar jenis tanaman yang cocok ditanam di lahan yang sempit. Semoga artikel ini bermanfaat khususnya bagi Anda yang kebingungan harus menanam jenis tanaman yang cocok untuk ditanam di lahan yang sempit seperti halaman belakang rumah Anda. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s